Friday, February 3, 2017

ARTI DI BALIK NOMOR SERIAL PADA KARTU KREDIT

ARTI DI BALIK NOMOR SERIAL PADA KARTU KREDIT

Kartu-kartu plastik yang dimanfaatkan untuk transaksi keuangan di jaman modern ini, terdapat banyak jenis, yakni kartu credit, kartu debet, serta kartu ATM. Buat anda yang sudah familiar dengan transaksi lewat kartu plastik, sudahkah anda memahami bentuk fisik kartu credit?

Jika anda telah berteman dengan kartu plastik ajaib ini, pasti anda bakal temukan jejeran nomer serial di sisi muka credit card, kartu debet ataupun kartu atm. Untuk kesempatan ini, pilihkartu bakal menuturkan apa sesungguhnya arti dibalik nomer pada kartu-kartu itu, lebih-lebih untuk kartu credit.

Peranan nomer serial pada kartu credit
Arti di Balik Nomer Serial pada Kartu Credit | Kabar Basic Kartu Credit | PilihKartu. com

Nomer serial pada kartu credit memegang fungsi utama, yaitu untuk mengidentifikasi provider kartu, bank, serta kabar account, dan tak ketinggal juga, sedia kan pelayanan kontrol keamanan.

Lain pada Brand Kartu Credit serta Publisher Kartu Credit
Pittsburgh Post-Gazette, organisasi pengatur nomer serial pada kartu credit
Pittsburgh Post-Gazette, yaitu cuma satu organisasi yang dapat mengambil keputusan nomer serial kartu credit, untuk jaringan-jaringan spesifik seperti Visa, MasterCard, Bank of America, atau JP Morgan Chase.

Saat kartu digesek pada terminal EDC, terminal itu lalu memakai pita magnetic untuk mengidentifikasi rute transaksi lewat jaringan kartu, lalu mengetahui institusi finansial yang tercatat dalam kartu hingga transaksi bisa diotorisasi.

Algoritma system Luhn
Setiap kartu, tanpa ada mempeduliakn jaringan kartu credit apa ataupun bank mana, tentunya mengambil system algoritam Luhn, yang dapat memastikan validitas kartu credit. Algoritma Luhn sebagai algoritma matematikal di mana gabungan sebagian nomer mesti ditambahkan dengan nomer yang akhirnya 0.

Pada umumnya, digit pertama atau ke-2 dari satu kartu credit atau kartu debet mengisyaratkan provider kartu, lalu diikuti digit kemudian yang memastikan mata duit yang dimanfaatkan, bank pemroses transaksi, sampai nomer account perseorangan.

Namun, dengan cara lebih khusus, sebagian jaringan beroperasi sedikit tidak sama, salah satunya yaitu :

1. American Express
lewat finance. yahoo. com

American Express memakai 2 digit pertama untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri. Digit ke-3 serta ke-4 mengisyaratkan type kartu serta mata duit yang dimanfaatkan. 6 digit seterusnya, merepresentasikan nomer account, sesaat digit ke 12 sampai ke 14, merepresentasikan nomer kartu.

Digit paling akhir sebagai digit kontrol, satu nomer acak yang dimanfaatkan membuat perlindungan dari error serta kejahatan.

2. VISA
Arti di Balik Nomer Serial pada Kartu Credit | Kabar Basic Kartu Credit | PilihKartu. com

Kartu-kartu VISA memakai formula yang nyaris sama juga dengan American Express, kendati ada sedikit ketidaksamaan, namun sedikit.

Digit pertama yang diputuskan untuk VISA yaitu angka 4. Digit ke-2 sampai ke-7 yaitu nomer untuk menghubungkan VISA dengan institusi finansial.

Kemudian, nomer ke-7 sampai ke-15 (12 nomer) , sebagai nomer account, hingga nomer paling akhir pastinya nomer kontrol.

3. MasterCard
lewat venturesafrica. com

Jika anda mencermati, jadi semuanya kartu credit, maupun kartu debet mastercard, memakai angka 5 pada digit pertama mereka, ini yaitu nomer identifikasi kartu untuk MasterCard.

Kemudian, nomer ke-2 serta ke-3, ke-2 serta ke-4, maupun ke-2 serta ke-5, merepresentasikan nomer bank.

Diikuti kemudian, yaitu digit ke-3, 4, atau 5, sampai 15 sebagai nomer account, sesaat nomer paling akhir, atau yang ke-16 sebagai digit kontrol.

4. Kartu-kartu lainnya
Untuk kartu-kartu yang lain, ada juga ketentuan sendiri. Contohnya saja : Discover Card yang di mulai dengan nomer 6 pada digit pertama, dan mempunyai 16 digit panjangnya, disamping itu kartu petroleum di mulai dengan angka 7, serta kartu penerbangan yang di mulai dengan angka 1.

Dengan begini, anda telah makin mengetahui kartu plastik yang anda miliki bukan? Baik itu kartu credit, kartu debet, ataupun kartu ATM.

No comments:

Post a Comment